# My Perfectness, Yudizious !: Kajian Web Usability - Analysis Part I (3 of 5)

Kajian Web Usability - Analysis Part I (3 of 5)

Sebelum memulai analisisnya, saya akan membahas sedikit tentang situs yang akan saya bahas, yaitu situs official Agnes Monica. Situs tersebut adalah situs pribadi (official site) yang berisi semua tentang Agnes Monica, seorang penyanyi papan atas Indonesia. Informasi yang bisa diakses dari situs tersebut meliputi profil lengkap Agnes Monica, update kegiatan terbaru (news), dan kumpulan gallery (gambar, musik dan video).

Kajian mengenai usability dari website agnesmonicaofficial dimulai dengan menganalisis tampilan utama (home) dari situs tersebut kemudian dilanjutkan dengan beberapa menu-menu yang lain yang dianggap layak untuk dianalisis.
Sekilas tidak ada yang salah dengan tampilan home di atas. Tapi ada sesuatu yang mengganjal, dimanakah letak menu utamanya ?? Jujur saya juga bingung menemukan menu utama saat pertama kali membuka situs ini karena yang muncul hanya ada latar gambar macam-macam benda yang asumsi saya clickable. Asumsi saya ternyata salah. Saya tidak bisa menemukan tampilan menu utamanya. Ternyata, setelah kursor digerakkan menjelajahi sepanjang area page, muncul sesutu yang "aneh". Di setiap area page tertentu ternyata kalau disorot mengeluarkan hoofer text berupa menu-menu utama yang ada situs agnesmonicaofficial, seperti yang terlihat pada gambar diatas (diberi tanda dengan lingkaran merah nomor 2). Setelah saya teliti lebih jauh lagi, ternyata tampilan lengkap menu ada di bagian bawah page, ditunjukkan dengan lingkaran merah nomor 1 pada gambar diatas.
  1. Pada gambar diatas terlihat bahwa kalu saya menyorot bagian yang diberi tanda lingkaran merah nomer 2, maka yang keluar ada hoofer text berupa tulisan 'profile', dimana kalau di klik akan menuju ke halaman Profile. Strategi penggambaran menu seperti diatas memang cukup bagus dari segi efficiency, dimana halaman utama terlihat 'bersih' dari content tulisan sehingga diharapkan user tidak kebingungan dengan banyaknya content tulisan (link) di halaman awal. Tapi strategi ini sangat buruk dari learnability, dimana user sangat kesulitan untuk menemukan tas task dasar dalam hal ini menu utama.
  2. Pada bagian halaman yang ditunjukkan dengan lingkaran merah nomor 1, terlihat bahwa visualisasi lengkap mengenai apa saja menu utama terletak pada bagian bawah dengan tulisan yang sangat kecil. Menurut saya, bagian ini adalah bagian yang jarang diakses oleh user karena memang posisinya yang berada di paling bawah (footer). Jadi keberadaan tampilan menu ini terlihat sangat 'useless' karena user cenderung mencari di bagian atas halaman untuk melihat menu utama.
Setelah "menemukan" menu-menu utama dari website agnesmonicaofficial, maka penjelajahan dilanjutkan dengan mengunjungi menu Profiles. Tampilan menu Profiles adalah sebagai berikut :


Menu Profiles mempunyai sub menu lagi yaitu Albums, Achievement dan Movies. Dari gambar diatas terdapat 2 poin yang akan saya analisis, ditunjukkan dengan tanda lingkaran merah yang diberi nomor pada halaman website tersebut.
  1. Pada lingkaran merah yang diberi nomor 1, saya akan menunjukkan bahwa website ini sudah mendukung konsep Where Am I. Jadi, website memberi tahu posisi user sekarang ada dimana. Pemakaian tanda untuk menunjukkan posisi user sangat menarik, tidak lagi memakai permainan warna tapi menggunakan simbol-simbol yang sangat unik. Ini tentu saja menarik dari segi pandang user.
  2. Untuk lingkaran merah yang diberi nomor 2, saya akan menganalis masalah tombol scroll. Menurut saya, tombol scroll yang digunakan pada halaman tersebut kurang visible bagi user, sehingga kurang nampak mempunyai fungsi seperti tombol untuk scroll yang biasa digunakan. Selain ukurannya yang kecil, pemilihan warna yang kurang mendukung, juga bentuk yang digunakan pun kurang lazim. Sehingga user tidak akan menyangka bahwa tombol itu sebenarnya adalah tombol untuk scroll.
Selain 2 hal diatas yang telah saya sebutkan, hal menarik yang saya temui saat berada di halaman Profiles adalah tampak seperti di bawah.

Hal menarik yang saya maksud telah saya tandai dengan lingkaran merah di atas. Jadi, ketika saya meng-klik link yang berisi gambar pada halaman tersebut, maka akan langsung muncul gambar secara pop up. Visualisasinya seperti terlihat pada gambar diatas. Ini sangat menarik karena untuk melihat gambar tidak perlu membuka page baru. Selain hemat waktu, space yang digunakan pun menjadi lebih sedikit. Selain itu, pengkasesan website menjadi lebih praktis. (yudizious, 2010)

(bersambung ke bagian 4.......)

Sekian,
-y
udizious-

7 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    pertamax dis...!!! =D

    web dengan space content yang agak "sepi", sehingga kurang mengandung informasi di dalamnya. belum lagi dengan tipe web ini yang menurut saya merupakan web dengan tipe abstrak dalam arti inconsistency/tidak konsisten dalam penempatan button, label dan lain-lain.

    http://mh07.student.ipb.ac.id

  1. Amanda Karatika Hubeis mengatakan...:

    pertama buka web ini rada bingung kalo mau cari menu utamanya karena biasanya letaknya di atas namun saat saya scroll ke bawah ternyata ada juga menu nya di bawah, selain itu ternyata saat kursor di arahkan ke gambar-gambar akan muncul hoofer text dari menu.
    unik

    http://amandak07.student.ipb.ac.id/

  1. Atom Hidrogen mengatakan...:

    kerentz sih tapi emang agak sulit wat nyari menu utamanya....mungkin gak banyak yang suka tampilan kaya gini.

    tatyd06.student.ipb.ac.id

  1. Nidya "Kitty" mengatakan...:

    salam kenal.....

    mnurut gw,,,
    web ny bgus...
    nuansa tanah n pohon...
    tp sepi jg seyh krng rame...
    tp gw sukaa...

    hehe

    http://nidyap07.student.ipb.ac.id/

    http://nidyalovekitty.blogspot.com/

  1. Anonim mengatakan...:

    gw pernah buka nih website,,
    secara interface sih oke banget,,
    mirip banget sama website officialnya christina aguilera..
    tapii buat orang awam yang pertama kali make pasti bakal kebingungan, soalnya interface yang dipake agak beda dari website pada umumnya. tapi desainnya sih ga diragukan lagi, oke banget..

    by : Rani Dwijayanti.G64070054

    http://ranid07.student.ipb.ac.id/

  1. izel oke mengatakan...:

    situsnya cukup bagus...
    penyusunannya jg udah keren...
    agnecious...huhaha...

  1. web usability analysis mengatakan...:

    I drag my mouse pointer over it, the pointer is changed into a hand icon, then that plain area suddenly show something that should be click-able.

Posting Komentar

Search

About Me

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
the most perfect thing is mine, yudizious !

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

IPB Rocks !!

IMG

Bogor Agricultural University

Waktu Sekarang

My Twitter