# My Perfectness, Yudizious !: Kajian Web Usability - Penutup (5 of 5)

Kajian Web Usability - Penutup (5 of 5)

Yeaahh, akhirnya sampai ke penutup juga !! :D. Ini adalah postingan terakhir saya dengan label Web Usability (untuk lebih tepatnya postingan terakhr untuk tugas IMK, hehehe). Sebelumnya saya memberitahukan bahwa saya tidak menganalisis semua menu utama yang ada di website agnesmonicaofficial.com. Dari 7 menu utama antara lain Home, Profiles, News, Gallery, Nez Community, Agnezious dan Contact Us saya cuma menganalisis 4 diantaranya yaitu Home, Profiles, News dan Gallery. Hal ini karena untuk Menu Nez Community dan News mempunyai kemiripan tampilan sehingga saya mengambil salah satunya saja. Sedangkan untuk Menu Agnezious dan Contact Us menurut saya sudah bagus usability-nya. Dari hasil analisis didapat bahwa secara umum desain interface website agnesmonicaofficial.com perlu diperbaiki lagi, terutama dari segi concistency dan learnability. Hal ini dikarenakan karena masih banyak ditemukan desain yang tidak konsisten formatnya, dan juga masih banyak fungsi-fungsi yang kurang visible bagi user. Selain itu perlu ditinjau ulang lagi mengenai pemilihan latar gambar dan pemilihan lay-out karena saya melihat rancangan lay-out website agnesmonicaofficial.com masih 'aneh'.

Saya menyadari bahwa kajian web usability saya ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan masukan yang membangun dari rekan-rekan sekalian demi kesempurnaan kajian ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mengajari dan memberi masukan how to be a professional analyst in usability. Terima kasih juga buat teman-teman yang sudah meluangkan waktunya untuk memberi komentar di postingan saya sebelumnya. I love you all.

Referensi:

Ardiansyah, Firman. 2010. Slide-slide kuliah Interaksi Manusia dan Komputer.
Galitz, Wilber O. 2007. The Essential Guide to User Interface Design: An Introduction to GUI Design Principles and Techniques, Third Edition. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.
Johnson, Jeff. 2003. Web Bloopers: 60 Common Web Design Mistakes and How to Avoid Them. San Francisco: Morgan Kaufmann Publishers.
Nielsen, Jakob, dan Hoa Loranger. 2006. Prioritizing Web Usability. Berkeley: New Rider

sekian,

-yudizious-

8 komentar:

  1. M. Mukhlis mengatakan...:

    PERTAMAX

    NICE INFO

    M. Mukhlis
    G64070025
    https://muhammadm0798.student.ipb.ac.id/

  1. Fani Benz Wulandari mengatakan...:

    good review yaa Yudizious :D

    dari masuk homepage aja emang perlu dikaji usability websitenya. user experience diperluin banget sejak di homepage, terbukti dengan kita perlu nyari-nyari sendiri dimana letak menu bar yang seharusnya tersedia. Ini kurang usable bagi beberapa orang. Setiap ada scroll emang kurang usable tuh buat scrolling nya.. kurang asik, hhheee :D

  1. Erna Piantari mengatakan...:

    Website pribadi
    Sebenarnya, karena ini merupakan website pribadi jadi desain yang seperti itu kayanya emang oke-oke saja.
    Tapi sebagai pengunjung baru sempat tertipu juga, pada halaman home atau apalah (soalnya nama halamannya juga ambigu, bagi saya pengunjung baru), desainnya seperti buku, tapi masih pake scroll, bikiranya udah user interface yang kaya buku, tapi ternyata bukan....
    Jadi kesimpulannya memang masih harus dibenerin lagi.

  1. fauzi mengatakan...:

    waktu masuk home aja udah bingung, emang perlu dikaji nih usability website ini. kayaknya developernya mandang kerennya aja ga tau user bakal bingung. .

  1. ana maulida mengatakan...:

    awal saya buka web site ni bingung mau ngapain . .
    button-button nya ga jelas. .

  1. pungki ari wibowo mengatakan...:

    webnya membingungan oy...

  1. Alfian Prayanta mengatakan...:

    Asslamualaikum Gan...kemarin pas saya akses kena hack yah webnya? sejak kapan bisanya?

  1. Danar Sappii mengatakan...:

    Keren sih website nya, tapi sayang, pas pertama masuk langsung bingung gitu, menu nya gak jelas dis.
    plus, itu apa, kok ada foto orang2 bawa benderanya sih? masih kena hack yah dis situs agnesmo nya? hahahaha

Posting Komentar

Search

About Me

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
the most perfect thing is mine, yudizious !

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

IPB Rocks !!

IMG

Bogor Agricultural University

Waktu Sekarang

My Twitter