# My Perfectness, Yudizious !: Kajian Web Usability - Web Usability, What Is it ?? (2 of 5)

Kajian Web Usability - Web Usability, What Is it ?? (2 of 5)

Sebelum kita lebih jauh membicarakan masalah Web Usability (dan tentu saja sebelum mengkaji usability dari agnesmonicaofficial.com). ada baiknya kita mereview sedikit berkaitan dengan apa yang dimaksud dengan Web Usability itu sendiri. Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah situs. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah situs. Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses perancangan. Secara umum, usability berarti bagaimana user dapat belajar dan menggunakan suatu produk untuk mencapai tujuan yang ia harapkan serta seberapa baik pengalaman yang didapat user saat produk itu digunakan. Berkaitan dengan Web Usability, tentunya produk yang dibicarakan di sini adalah website.

Menurut Nielsen (2003), komponen yang mempengaruhi usability antara lain :
  • Learnability
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan. Agar mudah dipelajari, letakkan isi yang paling penting pada bagian atas halaman, sehingga pengunjung dapat melihat apa yang mereka cari dengan cepat. Pelajarilah kemungkinan-kemungkinan tentang kebiasaan pengunjung, mengapa mereka berada di situs kita dan apa yang mereka cari. Jangan sampai membuat pengunjung bingung dan menebak apa yang harus mereka lakukan ketika berada di situs kita.
  • Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan. Situs yang efisien dapat menyajikan informasi dengan cepat. Jangan membuat link yang terlalu banyak. Sediakan seperlunya saja dan antarkan pengunjung untuk mencapai informasi yang mereka perlukan dengan mudah dan cepat.
  • Memorability
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya. Agar mudah diingat, sebuah situs sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan perubahan-perubahan yang mencolok. Misalnya, pada navigasi, jangan terlalu sering melakukan penggantian tampilannya. Pengunjung nanti akan perlu waktu untuk menyesuaikan dan mempelajarinya kembali.
  • Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error. Jangan sampai ada link yang tidak berfungsi (broken link) atau halamannya masih dalam proses pembuatan (under construction). Sebaiknya periksa kembali link-link yang tidak bisa berfungsi dengan baik dan jangan cantumkan link tersebut jika belum ada isinya. Ketika pengunjung menemukan halaman yang kosong, mereka bisa kecewa.
  • Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan. Kepuasan adalah hal yang paling diinginkan oleh setiap pengguna. Tentu pengunjung menginginkan situs dapat dengan mudah digunakan dan dipelajari. Selain itu mereka ingin bisa menemukan apa yang dicari dengan cepat, mengetahui di mana mereka berada dan bisa pergi ke mana saja dalam sebuah situs. Tak ketinggalan pengunjung bisa dengan mudah memberitahukan situs tersebut kepada teman-teman mereka.

Sebuah situs dengan usability yang buruk akan ditinggalkan oleh user. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang akan membuat pengguna meninggalkan sebuah situs :
  • Situs sulit digunakan.
  • Homepage tidak menjelaskan tentang apa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi dan apa saja yang dapat dilakukan oleh pengguna pada situs tersebut (pengguna tidak mendapatkan apa yang dia ingin cari pada situs tersebut).
  • Pengguna mendapatkan adanya kesalahan pada situs.
  • Informasi sulit sulit dibaca dan tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna. (yudizious, 2010)
(bersambung ke bagian 3........)

sekian
-yudizious-

0 komentar:

Posting Komentar

Search

About Me

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
the most perfect thing is mine, yudizious !

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

IPB Rocks !!

IMG

Bogor Agricultural University

Waktu Sekarang

My Twitter